SEPENGGAL KISAH SEJARAH BELAWA I

Oleh: Abd Jamil Hs

Pada Tgl: 22-Oktober-2009 di sebuah kampung kecil Bernama TOSORA Kec.Majauleng Kab.Wajo, Saya duduk menatap sebuah Makam di halaman bekas Masjid yang diperkirakan telah berusia -/+700 Tahun yg kini telah menjadi situs, Makam tersebut adalah Makam pemilik masjid yang bernama: ASSYEIKH AL-HABIB JAMALUDDIN AL-AKBAR AL-HUSAINI atau biasa di kenal dengan panggilan Petta WalliE

 

Setelah Membaca Al Fatihah kepada beliau, aku teringat dengan SYEH TOSAGENA/SAGENA yg cukup melegenda di BELAWA bahkan di daerah lain, apakah kedua sosok ini mempunyai keterkaitan dan apa pula kaitannya dengan BELAWA ? Berikut Penelusuran kecil-kecilku yg kudapat dari berbagai sumber termasuk hasil diskusi dengan silessurengta Ambo Tang Daeng Materru :

Tahun 1300 M Danau Tempe atau bahasa para leluhur kita Tappareng Karaja masih merupakan

Danau yang cukup Luas tidak seperti saat ini yang sudah berbentuk Rawa-rawa yang kian hari mengalami pendangkalan, Tosora yang merupakan pusat kota kerajaan Wajo saat itu cukup ramai termasuk bandar Niaga Tosora yang menghubungkan kerajaan lain termasuk kerajaan soppeng dan sidenreng.

Adalah Petta WalliE setelah dari Aceh,Jawa dan mengajarkan Ilmu Islam kepada beberapa muridnya yg saat ini di kenal nama WALI SONGO beliau dan beberapa pengikutnya pun hijrah ke tanah bugis tepatnya di Tosora Wajo dan membuat perkampungan di seputar Tappareng Karaja (Danau Tempe), penduduk Wajo menyebut mereka kaum Ba Alawiyah jadi kalau penduduk ingin ke kampung tersebut mereka mengatakan: “Maeloka Lao Ri Kampongna Tau Ba ‘alawiyah E”, dan Seiring perjalanan waktu, glottal- glottal kata “Ba Alawiyah” perlahan berubah menjadi BELAWA .

Ditengah Kepercayaan Animisme yg masih dianut penduduk kerajaan Wajo, kaum Ba Alawiyah dikomunitasnya tetap hidup secara Islam bahkan Petta WalliE mempunyai murid dan kemungkinan di antaranya adalah SYEH SAGENA atau yang lebih populer dengan nama SEHÉ’ TOSAGENA.

Seiring waktu kampung Ba Alawiyah (Belawa) semakin ramai karena tanahnya yg subur dan ikan melimpah dan saat ini telah menjadi Kecamatan di Kab.Wajo, tak banyak adat istiadat animisme atau kebiasaan orang dulu di daerah ini seperti daerah lain karena dari awalnya Belawa memang penganut ISLAM, Belawa Memang mempunyai banyak perantau karena memang cikal bakal daerah ini dari Perantau.

SYEH JAMALUDDIN AL-AKBAR AL-HUSAINI adalah Guru Para Wali Songo di tanah jawa termasuk keturunannya yaitu Sunan Gunung Jati telah menjadi bagian dari Wajo dengan dibangunnya sebuah masjid di Tosora. Tak Banyak Lontara’ yang menulis tentang beliau atau mungkin para penulis lontara’ saat itu menilai Petta WalliE hanya orang Asing dan yang lebih penting Proses Islamisasi pada tahun 1600an yg di lakukan Trio datuk (datuk patimang,datuk ri bandang,datuk ri tiro) akan TERELIMINASI mengenai Islamisasi di tanah bugis.

Pada tahun 1415 M -/+ 200 tahun sebelum kedatangan trio datuk tersebut. SYEH JAMALUDDIN AL-AKBAR AL-HUSAINI meninggal dunia dan dimakamkan di Tosora kec.Majauleng.

 

Wallahu Wallam

 

Catatan: SYEH TOSAGENA sendiri Wafat di Tanah Suci dan di makamkan di pekuburan para wali disana yg bernama SUBAEKAH sedangkan di makam di jln.yeh Sagena belawa hanyalah makam ibu beliau.

 

Iklan

11 thoughts on “SEPENGGAL KISAH SEJARAH BELAWA I

  1. Sy br tau asl mula dr belawa,wlopun sy ada drah keturunan syekh belawa,syekh rappang dan syekh bojo tp sy kurang pengetahuan. tentang itu,gimana dan dimana hrus mulai mencri

  2. kita bilang petta waliie setelah aku tanya di tosora apakah ada kuburang yang namanya petta wallei di sini kata orang ditosora ,tidak ada ,yang kita kenal koburang petta wallie hanya ada di bulu cepo ( gunung sebelah timur pasar sempange ,kec tanasitolo )

    • iya baru kami juga berkunjung, semak belukar dan rumput yang panjang jadi dinding pekuburan beliau…
      satu2nya makam yang tidak berpagar adalah kuburan beliau juga dengan alasan bahwa beliau tdk mau makamnya jd tempat menyembah dan meminta2 dan menggantung apapun di pagar itu….
      terima kasih telah mampir….:)

  3. Ada juga makam Pettawallie di belakang masjid kecil di tosora sering kami ziarahi…….apakah Ada Hubungannya dengan makam yg tadi?

  4. Sy minta tlng jg, agar di carikan silsilahnya orang yg trmasuk dituakan dibelawa yaitu,LADANIA,JAMU’,MATOASESSE,LATNRBBA

  5. kami juga nasab ketutunan ba alawiyin – cerita datok moyang keatas mengatakan sayyid alawi menikah dengan adik Syeikh Abdul Qadir Jailani Makkah? Apakah mereka ada hubungan keluarga dengan Syeikh Ismail makamnya di Pulau Besar Melaka Malaysia?

  6. kami juga nasab keturunan ba alawiyin – cerita datok moyang keatas mengatakan sayyid alawi menikah dengan adik Syeikh Abdul Qadir Jailani Makkah? Apakah mereka ada hubungan keluarga dengan Syeikh Ismail makamnya di Pulau Besar Melaka Malaysia? Kami sedang mengkaji- keluarga meninggalkan belawa lebih kurang abd ke 17?

  7. Bukan kh Belawa itu adalh nama kampung yg di bentuk oleh raja terdahulu, karna di perkampungan itu banyak kayu yg di sebut Belawa, dan apa betul yg membuat nama itu adalh raja la monri putra terakhir dari raja cinrana yang mengasingkan diri?

  8. SYEH TOSAGENA sendiri Wafat di Tanah Suci dan di makamkan di pekuburan para wali disana yg bernama SUBAEKAH —–> apakah syeh tosagena ini bernama Muhammad Sanusi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s